30
Apr
10

Alumni SMK Punya Prospek Bekerja di Jepang

INDRAMAYU (Suara Karya) Peluang kerja bagi lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang berlatar belakang jurusan pelayaran sangat besar. Terutama bidang NKPI (neotika kapal pengolahan ikan) dan TPHI (teknologi pengolahan hasil ikan).

Buktinya 26 alumni SMKN II Indramayu, Jawa Barat, kini sudah bekerja di negara Jepang. Bahkan 12 orang lagi segera berangkat ke Negeri Sakura untuk bekerja di sana. Mereka sedang menjalani pelatihan fisik dan bahasa serta budaya Jepang selama dua bulan di sekolah ini, bekerja sama dengan pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat.

Demikian diutarakan Kepala SMKN II Indramayu Drs H Eddy Romdhon didampingi Kepala Program NKPI Sukarma Aciamuna ketika dikonfirmasi Suara Karya di ruang kerjanya, Rabu (14/4).Ia menyebutkan, program tersebut dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) bekerja sama dengan Isono-maki Miyagi Jepang untuk magang taruna nelayan se-Jabar. Program itu sekarang sudah masuk angkatan yang keempat (tahun 2010). Dari 12 orang yang tengah menjalani pelatihan, 9 orang di antaranya dari SMKN II Indramayu, 1 orang dari SMKN Kandang-haur, serta 2 orang lagi dari Cirebon “Mereka rencananya diberangkatkan pada Mei 2010,” katanya.

Eddy Romdhon menambahkan, sekolah yang dipimpinnya jugatelah menjalin kerja sama dengan pihak lain, seperti dengan PT Jaya Indonesia, di bidang perekrutan dan pelatihan fisik, bahasa, dan budaya Jepang. Selain itu dengan PT Mariana Pratama di bidang magang praktik dan penempatan kerja setelah lulus.Kerja sama ini amat mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Indramayu yang merupakan daerah maritim dan agraris. “Alumni SMK di Indramayu ini tidak hanya siswa dari Indramayu, tapi juga dari daerah lain seperti Cirebon, Ciamis, Sukabumi, serta Subang. Kebetulan SMKN II Indramayu dipercaya sebagai penyelenggara pelatihan program tersebut,” katanya.(Kusyuu)

Sumber : http://bataviase.co.id


1 Response to “Alumni SMK Punya Prospek Bekerja di Jepang”


  1. 1 rudinanto
    December 20, 2010 at 3:45 am

    saya berminat bekerja dijepang


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: